NIK:
NIP: 197610072006042012
NUPTK: 5339754656300043
Jenis Kelamin: Perempuan
Tempat Lahir: Soppeng
Tanggal Lahir: 07 Oktober 1976
Pendidikan: S-2
Jurusan: Biologi
Status: ASN
Jabatan: Guru Mata Pelajaran Biologi
Biografi:
Mardiana Suyuti lahir di Kota Soppeng pada tanggal 7 Oktober 1976. Anak kedua dari Bapak Drs. H.M. Suyuti Paduppai, S.Ag dan (Almarhumah) Hj. Nafisah Hamzah. Suami Masyhuri, S. T dan telah dikaruniai dua anak laki-laki yaitu, Muhammad Abdillah, SE, Khalil Mushaddiq, dan dua anak perempuan Aqilah Nurfatimah dan Aidah Nurkhadijah.
Pendidikan Sekolah Dasar di SDN 166 Laburawung Watansoppeng (tahun 1983-1989). SMP Negeri 1 Watansoppeng (1989-1992). SMA Negeri 1 Watansoppeng (1992-1995). Pendidikan S1 di Universitas Hasanuddin Jurusan Biologi Fakultas MIPA (1995-2000). Pendidikan Magister (S2) Program Pascasarjana di Universitas Negeri Makassar ( 2014-2016), dan selanjutnya melanjutkan Program Doktor (S3) pada Pascasarjana Universitas Negeri Makassar Program Studi Ilmu Pendidikan pada tahun 2018.
Pengalaman bekerja sebagai guru Matematika dan IPA di MTsN Takallala Watansoppeng (2003-2004), guru biologi MAN 1 Watansoppeng (2006-2008), MAS Ast-Tsabat Makassar (2018-2019), pengajar IPA SMKN Kehutanan Makassar (2011-2018), Pengajar IPA SMK Nurul Qalam Makassar (2018-2021) dan Pengajar Biologi MAN 3 Kota Makassar (2008- sekarang). Penulis juga aktif sebagai Instruktur Nasional AKMI (Assesmen Kompetensi Madrasah Indonesia), Fasilitator Propinsi Sulawesi Selatan Program Keprofesian berkelanjutan (PKB) Kemenag R.I., Ketua Musyawarah Guru Mata pelajaran Biologi Makassar (MGMP BIOMA) Kota Makassar dan pengurus Pusat AGUPENA (Assosiasi Guru Penulis Indonesia).
Selama bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), Penulis telah meraih beberapa prestasi akademik yaitu, Guru Madrasah Aliyah (MA) Berprestasi Tingkat Propinsi Sulawesi Selatan Tahun 2019, Finalis of Indonesain Fun Science Award 1.0 (IFSA) tahun 2019, Guru Penggerak Literasi Nasional tahun 2018. Guru Madrasah Inovatif Antikorupsi tingkat Nasional 2017.
286
Penulis sejak tahun 2017 aktif melakukan penelitian dan publikasi Ilmiah bidang Pendidikan yang telah diterbitkan dalam bentuk buku maupun jurnal penelitian, antara lain:
1. Buku berjudul Pembelajaran Biologi Terintegrasi Spiritual Islam (pendekatan saintifik), ISBN.979.604.200.2 tahun 2017.
2. Buku berjudul Sekolah di Zona Alfa, ISBN 978.602.468.875.2.Tahun 2018.
3. Buku berjudul Deklarasi pena ‘MAMA” Magnet Menulis ala Agupena ISBN.978.602.50609.0.8. Tahun 2017
4. Jurnal berjudul Pengembangan Perangkat Pembelajaran Integrasi Spiritual Islam Melalui Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Biologi, Jurnal Ilmiah Cendekia, ISSN 2407-6589, Vol.3, No. 2, Mei-Agustus 2017.
5. Jurnal berjudul Validitas, Kepraktisan, dan Efektifitas Perangkat Pembelajaran Biologi Integrasi Spiritual Islam (Jurnal Al-Qalam (terakreditasi), ISSN 0854-1221.Vol.23. No. 1 Juni 2017.
6. Jurnal berjudul Validitas, Kepraktisan, dan Efektifitas Media Pembelajaran Biologi Berbasis Windows Prosedur, Jurnal Ilmiah Cendekia, ISSN 2407-6589, Vol.4, No. 2 Mei-Agustus 2018.
7. Jurnal berjudul Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Review, Reflect) Pada Materi Sistem Pencernaan Siswa MA Negeri 3 Makassar, Jurnal Ilmiah Cendekia, ISSN 2407-6589, Vol.5, No. 1 Januari- Juni 2019.
8. Jurnal berjudul Media Pembelajaran Animo Cards Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Biologi Materi Animalia, Jurnal Ilmiah Cendekia, ISSN 2407-6589, Januari-Juni tahun 2020.
9. Prosiding Internasional berjudul Science, Technology, Engineering And Mathematics Based On Blended Learning for Improving Critical thinking Ability Of Students, ICLS-XIII UNIMUS Press, ISBN 978-623-6974-47-6 Tahun 2021.
287
10. Prosiding Nasional berjudul Peningkatan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik pada Materi System Saraf Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Prezi Desktop Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Makassar, Proceeding Biology Education Conference Universitas Sebelas Maret (UNS), ISBN 528-5742, Tahun 2021.
11. Prosiding Internasional Berjudul Pengaruh Strategi Self Regulated Learning Dengan Mengadopsi Model Pembelajaran Core Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Sains Peserta didik Madrasah Aliyah, International Symposium On Education (ISOE) Kemenag RI, Tahun 2021.
12. Prosiding Nasional berjudul Efektifitas Media Pembelajaran Kwartet Animal Untuk Meningkatkan Kompetensi Literasi Sains Peserta Didik, Seminar Nasional Literasi Sains UM Malang 2021.
13. Jurnal index Scimago JR-Scopus berjudul The effect of Multiculturacies Scientifict Model Based on Self-regulated Learning on Student’s self-efficacy science, Journal of Positive School Psycology, ISSN 2717-7564 tahun 2022.
Dengan ketekunan, motivasi tinggi untuk terus belajar dan berusaha, penulis berharap semoga disertasi ini mampu memberikan manfaat bagi diri pribadi penulis, dan berkontribusi positif bagi dunia pendidikan secara umum dan bermanfaat secara khusus pada pengembangan program pendidikan di Indonesia sebagai bakti kepada bangsa dan negara tercinta Republik Indonesia.
Akhir kata, penulis mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan bimbingan dalam penyusunan disertasi ini. Mudah-mudahan semua bantuan dan bimbingan yang diberikan bernilai pahala dan mendapat Ridho dan pahala dari Allah Swt. Aamiin yaa Rabbal ‘alamin.